Jumat, 10 Juni 2011

HAMBA HAMBA ALLAH YANG BERKUALITAS

Marilah kita senantiasa bersyukur kehadirat Allah taala, diatas limpahan rahmat dan kurnianya buat kita semua, sehingga masih dapat menunaikan tugas kita sebagai hambanya, yakni shalat berjamaah di ruangan yang mulia ini.
Selawat dan salam hanya dilimpahkan pada junjungan Nabi besar Muhammad SAW, sebagai ikutan dan teladan kita serta harapan kita untuk mendapat safaatnya di hari kiamat kelak.

Di dunia selama diberikan kehidupan oleh Allah SWT, seseorang boleh saja menjadi kaya atau miskin, menjadi pemimpin atau yang dipimpin, raja atau rakyat biasa dan sebagainya sepanjang beriman, maka tidak akan menjadi orang-orang yang merugi. Namun dalam kondisi apapun juga orang tidak boleh hidup dalam kekafiran, karena akan menjadi orang-orang yang merugi.  Dengan menjadi orang beriman sangat banyak petunjuk Allah SWT, yang bila dikerjakan secara patuh dan benar, maka jalan untuk mencapai kondisi yang diinginkan atau dicita-citakan akan terbuka luas. Kegagalan memang dapat terjadi, namun bukanlah karena Allah SWT, sebagaimana di firmankanNya dalam surat Ali Imran ayat 117 :

وَمَا ظَلَمَهُمُ اللَّهُ وَلَكِنْ أَنْفُسَهُمْ يَظْلِمُونَ (١١٧)

                
Artinya: Allah tidak menganiaya mereka, namun merekalah yang menganiaya  diri  mereka sendiri.


Seseorang dikatakan menganiaya dirinya sendiri jika memilih jalan hidup bertentangan dengan petunjuk Allah SWT. Baik petunjuk tentang kehidupan duniawiyah semata-mata, maupun petunjuk kehidupan duniawiyah untuk mempersiapkan diri memasuki kehidupan akhirat sebagai orang-orang yang beruntung. Sejalan dengan itu Allah SWT berfirman :


وَمَنْ يُرِدْ ثَوَابَ الدُّنْيَا نُؤْتِهِ مِنْهَا وَمَنْ يُرِدْ ثَوَابَ الآخِرَةِ نُؤْتِهِ مِنْهَا وَسَنَجْزِي الشَّاكِرِينَ (١٤٥)


“Barang siapa yang menghendaki balasan di dunia, Kami berikan pahala kepadanya, dan barang siapa yang menginginkan pahala di akhirat Kami berikan pula pahala kepadanya”(QS>Ali Imran : 145 )



Firman Allah SWT tersebut menunjukkan bahwa manusia boleh berusaha menjadi orang-orang yang berkualitas duniawiyah saja, maka Allah akan memberikannya sukses material. Manusia juga boleh berusaha menjadi orang berkualitas dua-duanya duniawiyah berupa jasmaniah dan rohaniah, maka Allah akan memberikan sukses material dan spritual sebagai orang-orang yang pandai mensyukuri nikmatNya.

Kemampuan bersyukur itu bertingkat-tingkat sesuai dengan tingkat kualitas iman seseorang. Yang dimaksud dengan Iman adalah : kepercayaan, keyakinan sepenuhnya, mempercayai dengan hati, mengikrarkan dengan lisan dan mengamalkan dengan tindakan segala apa yang dibawa Nabi Muhammad SAW dari Allah. sabda Rasulullah SAW :

“Iman adalah pengakuan dalm hati, ucapan dengan lisan dan pengamalan dengan tindakan”.( HR: Muslim ).


Untuk menjadi hamba-hamba Allah yang berkualitas, bila kita mau kembali kepada konsep ajaran Islam, sangatlah mudah dan sederhana. Namun kemudahan dan kesederhanaan itu dianggap remeh oleh manusia. Karena mereka lebih menuruti kemauan iblis dan syaitan ketimbang kemauan Allah dan Rasulnya. Hamba Allah yang berkualitas, adalah mereka yang takut akan siksaan Allah dan selalu berdoa untuk dijauhkan dari siksaanNya, mereka juga sederhana dalam membelanjakan hartanya dan mereka juga bebas dari perbuatan syirik.
Selain dari itu, hamba-hamba Allah yang berkualitas juga memiliki ciri-ciri :

1.      Bertaubat dan beramal shaleh,

Dalam quran surat al-Furqan ayat 71, Allah berfirman:

وَمَنْ تَابَ وَعَمِلَ صَالِحًا فَإِنَّهُ يَتُوبُ إِلَى اللَّهِ مَتَابًا (٧١)


“Artinya Dan orang-orang yang bertaubat dan mengerjakan amal shaleh, maka sesungguhnya dia bertaubat kepada Allah dengan taubat sebenarnya”

2.      Tidak berdusta dan tidak memberikan kesaksian palsu.

Sebagaimana yang dijelaskan Allah dalam surat Furqan ayat 72: yang artinya”Dan orang-orang yang tidak memberikan persaksian palsu dan apabila mereka bertemu dengan orang-orang yang mengerjakan perbuatan-perbauatan yang tidak berfaedah, mereka lalui saja dengan menjaga kehormatan dirinya”.

3.      Siap menerima teguran, kritikan yang membangun dan nasehat-nasehat dari sesama muslim.

Firman Allah :


وَالَّذِينَ إِذَا ذُكِّرُوا بِآيَاتِ رَبِّهِمْ لَمْ يَخِرُّوا عَلَيْهَا صُمًّا وَعُمْيَانًا (٧٣)



“Dan orang-orang yang apabila diberi peringatan dengan ayat-ayat Tuhan mereka, mereka tidak menghadapinya sebagai orang-orang yang tuli dan buta”( al-Furqan : 73 )

Dengan penjelasan yang sederhana diatas, mudah-mudahan menjadi peringatan dan pelajaran buat kita semua. Mari kita bangun nilai-nilai hidup yang Islami, untuk menatap masa depan umat yang cemerlang tanpa ada yang merusak perasaan, pikiran dan kepribadian dirinya sendiri. Wujudkan semangat dan ruh Islam, yang mampu memapah ketika susah dan dan tersenyum disaat mendapat rahmat, gembira dan bersyukur ketika Allah berikan kepercayaannya.

4 komentar:

Ass. All Hamba Allah ,yang punya FeelingSoGood OL @marma'ruf nahi munkar, Kita harus belajar banyak tentang Metaphysics64980.,,,,,,karena tidak cukup gelar gelar Profesor luardalam Negeri atau Pangkat Jenderal sampai Kopral ()Prjrt Sapta Marga ()TriBrata ,,,Manusia dibangkit atas Niatnya , Positive vs Negative. ,,,,,Niatnya hasilnya berimbang kanan atau kiri,,,,,,baikburuk terpulang kediri masingmasing () Sangkabaik HatiSenang ()Sangkaburuk HatiGalauGelisahError () Metaphysics64980 ()menjawab semua problem kita atoz. Bergantung tiada bertali, berdiri tiada bertiang,,,, Jauh tiada berjarak, dekat tiada bersentuhan,,,,,,,,()ABCDEFGHIJKLMNOPQRSTUVWXYZ=26**********+ ()0123456789=10***********?????
()atoz+0to9=26+19=36*******WWS PROBLEM IN THE WOLRD ******36=9******NineOneDigit *****BIO,ELECTRO,MAGNET, ENERGI plus EXTRA SENSOR PERCEPTIONS (()) (())Ur eye Metaphysics64980 ,,,Ur heart Metaphysics64980,,, Ur Speak Metaphysics64980,,, Ur Actions Metaphysics64980,,,,,,Ur money Metaphysics64980,,,,Ur charity Metaphysics64980,,,,,Ur efect Metaphysics64980,,,,, Ur spirit in the Night Metaphysics64980,,,,, Ur job Metaphysics64980,,, Ur business Metaphysics64980,,, Ur solutions Metaphysics64980,,,,, Ur interest Metaphysics64980,,,, Ur Actions Metaphysics64980,,,,, Ur pray doa to UrGod keepsecret Speak softly Love ()SPEAK SOFTLY LOVE ******@ndi william,,,, ANDI WILLIAM,,,,LOVESTORYMETAPHYSICS64980 ***************
GBU,,,, MAN PROPOSES GOD DISPOSES,,,,, WE MUST HONEST,,,,, AMIN,,,, SUKSMA ASTUNGKARE
bali64980@gmail.com
@bali64980
@rizahidayat9
()#####()Golden Wedding Is a GIFT FROM HEAVEN ()######()ALLAHU AKBAR,, ALLAHU AKBAR,,, ALLAHU AKBAR,,,, YAQOHAR,, YAQOHAR,, YAQOHAR

masterchrysler64980 ()@bali64980 ()@rizahidayat9 ()@doabali64980doa() bali64980@gmail.Com
puasamencapaitaqwa@yahoo.com

081218323291*****081391423936*******

Tanam Padi tumbuh dilink padi ya pasti tumbuh Rumput....*********
Tanam Rumput di Makam ( Kbrn )
dilink makam ya Pasti tumbuh Kesejukan Iman serta bersahabat dengan Alam Arwah.. Alam terkembang mnjd Guru.....Guru yang BAIK bertaqwa231 kata dalam 30Juz Silahkan hitung Open please Al_Qur'an
Jangan jadi pajangan yang berdebu Ingat... Lebih baik Ngaji kaji uji hiji Al_Qur'an 6236 ayat 74437 kalimat 325345 huruf... Jangan buang Waktu Fpvulusz Ingat Sohib.. Best regards

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites