Rabu, 12 Januari 2011

Danfak At-Tabarrut Dalam Kehidupan Manusiawi


Abstrak.
            Sesungguhnya, nafsu syahwat itu tidur, yang tidak akanbangun jika tidak dibangunkan dan tidak akan beraksi jika tidak ada aksi. Oleh karena itu, seorang perempuan yang bertabarruj laksana mengobarkan percikan api dan dengan perbuatannya itu dia telah melumuri dirinya dengan dosa, karena kecantikan yang dia obral telah memperdaya manusia dan menimbulkan bencana serta keruksakan yang sangat parah.

Hai nabi, Katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: "Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka". yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, Karena itu mereka tidak di ganggu. dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.(QS. Al-Ahzab; 59)

  1. Pengenalan

Secara etimologi, tabarruj adalah penampakan diri (dhuhur), yakni bersolek atau berhias mempercantik diri yang dilakukan oleh kaum perempuan dan memamerkan kecantikannya atau keelokan wajahnya serta keindahan postur tubuhnya, sehingga menimbulankandaya tarik lawan jenis dan fitnah bagi keduanya.
Secatra terminilogiis ajaran Islam, tabarruj adalah penampakan perhiasan, aurat, dan keindahan tubuh selain kepada suaminya. Imam Bukhari r.a, mendefinisikan tabarruj dengan ; dengan memperlihatkan kecantikan atau keindahan diri seorang wanita[1]
Sepertinya, akhir-akhir ini dosa-dosa dan kemungkaran terlihat dan terdedah di mata umat, ia mengepung diri muslim  dari berbagai penjuru, tetapi kebanyakan kita mendiamkan diri dan lebih banyak memilih sebagai penonton, dengan alasan yang irasional dari aspek-aspek penting yang perlu mendapat perhatian kita semua, (muslimin dan muslimat).
Pendedahan aurat(at-tabarruj), yang dikenal juga dengan usaha mempromosi diri secara sengaja, yang bertentangan dengan nilai-nilai agama, justru menjadi persoalan besar bagi Islam, karena ia bukan saja merupakan sebuah tindakan yang dapat ,menimbulkan dosa, akan tetapi juga berdanfak buruk bagi seseorang. Dengan memperhatikan beberapa gejala kejahatan dan kemungkaran yang timbul akibat dari pendedahan aurat tersebut, maka tidak sedikit pertanyaan yang muncul, seperti apakah konsep Islam tentang pakaian perempuan? Apa saja batas-batas aurat dan bagaimana Islam mendidik umat supaya mereka mampu menerapkan pakaian yang Islami tersebut?
Disini penulis mencoba menjelaskan, beberapa pokok penting yang berkaitan dengan pakaian, baik laki-laki maupun perempuan dalam kacamata Islam. Selain itu juga apa yang melatar belakangi umat Islam terjebak mengikuti atau meniru pakaian-pakaian yang di promosikan oleh kelompok-kelompok yang  ingin menghancurkan ajaran Islam tersebut.



[1]Nikmat Shidqy, 1415 H, Pamer Aurat, Kuala Lumpur, penerbit Kalam Ilham, cet.1, h.26

4 komentar:

Sesungguhnya musuh yang Perlu kamu lawan Adalah musuh yang ada pada Tubuhmu..'A da 'Aduwika Nafsu kalati baina jambaika... Pandang yang Satu dalam yang Banyak...Pandang yang Banyak dalam yang Satu..

Yakni Sebangsa HawaNafsu DuniaSetan. *****''Aroita manitakhoza ILLA hahu hawahu...''Afa roaita Blablabla

rizahidayat bali64980@gmail.com
doabali64980doa@gmail.com
@rizahidayat 9
master chrysler 64980 (Google)

081391423936
081218323291
087880337524

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites