AHMAD ZUHDI, MA
DEDE ROHANIAWATI, M.Pd
MEMBANGUN KARAKTER PENDIDIKAN
DENGAN AKHLAK MULIA
Editor
M. Liwa Irrubai, S.Ag, M.PdMEMBANGUN KARAKTER PENDIDIKAN
DENGAN AKHLAK MULIA
Oleh
AHMAD ZUHDI, M. A
DEDE ROHANIAWATI, M.Pd
Diterbitkan Oleh Stain Kerinci Press
Jl. Pelita IV Sungai Penuh
Hak Cipta dilindungi oleh undang-undang. Dilarang memperbanyak buku ini sebagian atau seluruhnya, dalam bentuk dan cara apapun juga, baik secara mekanis maupun elektronis, termasuk fotocopy, rekaman dan lain-lain dari penulis
Cetakan Pertama, Agustus 2011
Desain cover, Mulyadi,MA
Dicetak Oleh Shabrina Offset
ISBN : 978-602-99313-4-1
Perpustakaan Nasional : Katalog Dalam Terbitan (KDT)
Membangun Karakter Pendidikan Dengan Akhlak Mulia/ Ahmad Zuhdi, M. A. Dede Rohaniawati, M.Pd : Editor, M. Liwa Irrubai, M.Pd
-Ed. 1-Cet.1.Sungai Penuh : Stain Press 2011
Xi, 134 hlm, : 22 cm
ISBN: 978-602-99313-4-1
Kata Pengantar
Belumlah terlambat, kita mencari solusi terbaik untuk menemukan tujuan hakiki pendidikan, yang mampu melahirkan manusia yang berkarakter akhlak mulia, juga belum tertutup waktu dan kesempatannya. Indonesia yang kita kenal memiliki bermacam seni dan budaya, apalagi memiliki keyakinan agama yang mantap jelas sekali memberi kemudahan dalam membimbing dan mendidik mereka. Kita sadar bahwa Memasuki abad ke XXI atau milenium ketiga dunia pendidikan dihadapkan pada berbagai masalah pelik yang apabila tidak segera diatasi secara tepat tidak mustahil dunia pendidikan akan ditinggal oleh zaman, kesadaran akan tampilnya dunia pendidikan dalam memecahkan dan merespon berbagai tantangan baru, yang timbul pada setiap zaman adalah suatu hal yang logis, bahkan suatu keharusan hal yang demikian dapat dimengerti, mengingat dunia pendidikan merupakan salah satu pranata yang terlibat langsung dalam mempersiapkan masa depan umat, kegagalan dunia pendidikan dalam menyiapkan masa depan umat manusia adalah merupakan kegagalan bagi kelangsungan kehidupan bangsa.
Pendidikan merupakan sarana strategi untuk meningkatkan kualitas suatu bangsa.
Pendidikan merupakan sarana strategi untuk meningkatkan kualitas suatu bangsa.
Oleh karenanya kemajuan suatu bangsa dan kemajuan pendidikan adalah suatu determinasi kemajuan beberapa negara di dunia ini merupakan akibat perhatian mereka yang besar dalam mengelola sector pendidikan.
Suatu sistem pendidikan Islam mengandung berbagai komponen yang antara satu dan lainnya saling berkaitan. Komponen pendidikan tersebut meliputi landasan, tujuan, kurikulum, kompetensi dan profesionalisme, sarana prasarana, evaluasi dan pembiayaan. Berbagai komponen yang terdapat dalam pendidikan ini seringkali berjalan apa adanya, alami dan tradisional, karena dilanjutkan tanpa perencanaan konsep yang matang akibat keadaan yang demikian, maka menjadikan mutu pendidikan Islam kurang menggembirakan.
Pembinaan akhlak bagi setiap muslim adalah sebuah kewajiban yang harus dilakukan terus menerus. Baik dengan cara melalui pembinaan orang lain maupun pembinaan diri sendiri tanpa harus dituntun orang lain. Hidup di tengah krisis kehidupan sekarang ini, pembinaan akhlak memang harus lebih gencar dilakukan. Banyak ilmuwan yang mengatakan bahwa berbagai kerusakan dan kejahatan yang telah terjadi sampai saat ini akibat manusia tidak lagi memegang dan mengamalkan akhlak yang baik. Kapitalisme dan hedonisme yang menginvasi kawasan muslim dan dunia pendidikan betul-betul telah berdampak buruk. Ditambah lagi kurangnya perhatian masyarakat Islam sendiri terhadap pendidikan atau pembinaan akhlak. Pada hakekatnya pembinaan akhlak merupakan pembinaan yang dilakukan seseorang atas dirinya sendiri dengan tujuan jiwanya bersih dan perilakunya terkontrol. Akhlak adalah cermin tingkah laku manusia. Akhlak menjadi standar kelayakan manusia untuk mendapatkan kemuliaan di sisi Allah SWT. Akhlak mulia adalah anugerah terindah yang diberikan Allah SWT kepada para hamba-Nya. Manusia yang berakhlak mulia bermakna telah membangun karakter hidup, sebagaimana layaknya manusia yang di sanjung oleh Allah Sang Khaliq. Yang bermartabat dan berwibawa.
Indonesia yang selama ini dikenal dengan bangsa yang memiliki dan menjunjung tinggi nilai-nilai agama, yang tidak hanya berlaku pada lembaga pendidikan agama, tetapi juga pada lembaga pendidikan umum. Tujuannya adalah supaya anak bangsa ini memang benar-benar dapat merialisasikan nilai-nilai agama tersebut dalam kehidupan bermasyarakat, bangsa dan Negara.
Wassalam
Penulis.
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR KETUA STAIN i
KATA PENGANTAR ii
DAFTAR ISI iii
PENDAHULUAN 1
BAB I MENGENAL PENDIDIKAN
A. Pengertian Pendidikan 9
B. Hakikat Pendidikan 17
C. Fenomena Pendidikan 19
BAB II PERSFEKTIF PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
A. Pengertian Pendidikan Agama Islam 21
B. Dasar Pendidikan Agama Islam 23
C. Sumber Pendidikan Agama Islam 27
D. Fungsi Pendidikan Agama Islam 31
E. Tujuan Pendidikan Agama Islam 36
F. Kurikulum Pendidikan Agama Islam 42
BAB III KARAKTER PENDIDIKAN DENGAN NILAI AGAMA
A. Pembinaan Nilai-nilai Agama Islam 52
B. Tujuan Pembinaan Nilai-nilai Agama Islam 57
C. Materi Pembinaan Nilai-nilai Agama Islam 58
D. Metode Pembinaan Nilai-nilai Agama Islam 67
E. Evaluasi Pembinaan Nilai-nilai Agama Islam 72
BAB IV FENOMENA PENDIDIKAN NILAI DI SEKOLAH
A. Sekolah Sebagai Jalur Pendidikan Formal 76
B. Korelasi Nilai dengan Sekolah 78
C. Pengembangan Pendidikan Nilai di Sekolah 82
D. Pendidikan Islam dalam Kegiatan Ekstrakurikuler 88
BAB V EKSISTENSI LINGKUNGAN TERHADAP PENDIDIKAN NILAI
A. Peranan Guru dalam Pendidikan Nilai 92
B. Peran Kepala sekolah dalam Pendidikan Nilai 94
C. Peran Murid dan Orang Tua dalam Pendidikan Nilai 97
D. Peran Masyarakat dan Keluarga dalam Pendidikan Nilai 100
BAB VI ESENSI AKHLAK MULIA
A. Akhlak Mulia dan Bentuk-bentuknya 101
B. Ruang Lingkup Akhlak Mulia 106
C. Faktor-faktor Yang Memepengaruhi Akhlak Mulia 114
BAB VII PENUTUP